Rabu, 24 Desember 2014

VISI DAN MISI KECAMATAN MLATI

VISI

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kecamatan Mlati sesuai dengan Perda dan Perbup No.51 tahun 2009 mempunyai tugas pokok :

Melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintah.

Dalam menyelenggarakan tugas, kecamatan mempunyai fungsi :

1. Merumuskan kebijakan teknis sebagian urusan otonomi daerah dan tugas umum pemerintahan;

2. Pelaksanaan tugas sebagian urusan otonomi daerah dan tugas umum pemerintahan;

3. Penyelenggaraan pelayanan umum;

4. Pembinaan dan pengkoordinasian wilayah; dan

5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Agar tugas pokok dan fungsi dapat dijalankan dengan lancar dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada, maka diperlukan dukungan anggaran, sarana dan prasarana yang memadai, sumber daya manusia yang kompeten, pemenuhan data dan informasi yang valid serta partisipasi masyarakat dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Untuk mewujudkan keadaan itu diperlukan visi yang senantiasa memberikan inspirasi dan motivasi kerja bagi seluruh pegawai Kecamatan Mlati dan masyarakat.

Selanjutnya, dapat dirumuskan sebuah visi Kecamatan Mlati, yakni :”Terwujudnya Penyelenggaraan Pemerintah yang baik dan Pelayanan Masyarakat Prima berbasis Budaya dan Sejahtera di Kecamatan Mlati pada Tahun 2015”


MISI

Guna mewujudkan komitmen terhadap pencapaian Visi maka dirumuskan Misi sebagai berikut:

1. Meningkatkan tata kelola pemerintah yang baik sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku;


Misi ini mengamanatkan pada aparatur di Kecamatan Mlati untuk senantiasa menjaga kewibawaan dan kepercayaan dari masyarakat dengan mengedepankan partisipasi, transparansi, responbilitas, efektif, efisien, akuntabel serta dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Meningkatkan pelayanan masyarakat cepat dan akurat;

Misi ini mengamanatkan pada aparatur di Kecamatan Mlati untuk bersikap santun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku, mampu memahami data dan informasi dengan akurat, mampu memanfaatkan teknologi secara cepat dan tepat.

3. Meningkatkan budaya etos kerja pegawai dan masyarakat;

Misi ini merupakan sumber inspirasi dan motivasi bagi pegawai dalam menjalankan tugas, sesuai dengan Undang-Undang Kepegawaian yakni menjaga kedisiplinan, bersemangat serta mengacu pada norma-norma dan budaya yang berlaku dalam tataran masyarakat luas.

4. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat menuju sejahtera; dan

Misi ini memberikan arah bahwa kegiatan pembangunan akan berhasil apabila segala potensi yang ada di masyarakat turut berperan secara partisipasif. Namun hal tersebut masih didukung oleh situasi aman, tertib serta terbangunnya tali silaturahmi dan koordinasi yang efektif dan efisien.

5. Meningkatkan pemberdayaan dan peran perempuan di berbagai bidang.


Misi ini memberikan amanat pada pemberdayaan dan pemerataan peran perempuan dalam pembangunan sesuai dengan perkembangan jaman serta dinamika masyarakat. Misi ini juga memberikan ruang untuk mencapai keadilan gender.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar